Senin, 27 Januari 2020

Kuliner Yukk - Roti bakar enak di Bandung ini dijajakan mulai pagi hari. Isiannya beragam dan porsinya mengenyangkan sehingga cocok jadi menu sarapan.

Roti bakar termasuk menu sarapan yang praktis dibuat. Setangkup roti putih atau roti gandum diolesi mentega lalu dibakar di panggangan. Semakin enak karena roti bakar diberi isian. Ada yang manis maupun gurih.

Untuk isian manis, roti bakar populer dipadukan dengan meisjes, selai buah, atau susu kental manis. Sementara roti bakar gurih bisa memakai keju, smoked beef, dan bahkan telur. Masing-masing isiannya bisa menyesuaikan selera.

Di Bandung, ada 5 tempat makan roti bakar enak. Lima tempat ini bahkan sudah buka sejak pagi hari sehingga bisa jadi tujuan sarapan. Makin lengkap ditemani segelas kopi atau susu hangat.

1. Roti Gempol

Foto: dok. detikFood

Roti bakar enak di Bandung ini berada dekat Pasar Gempol. Gerainya yang sudah ada sejak 1958 ini melayani tamu sejak pukul 7 pagi. Tak heran banyak pengunjung sengaja datang ke sini untuk sarapan. Apalagi ada area bersantap, meski tak terlalu luas.

Roti Gempol terkenal dengan kreasi roti bakar berbahan roti gandum fresh. Ada juga yang dari roti putih. Bisa dipesan dalam versi perseorangan atau besar (ririungan). Pilihan rasanya banyak seperti cokelat, susu, kacang, nanas, dan strawberry untuk kategori manis.

Sementara roti bakar gurih hadir dalam pilihan telur, daging, dan keju. Untuk versi perseorangan, harga roti bakar mulai dari Rp 11.000 hingga Rp 22.000. Salah satu yang bisa dicoba adalah roti bakar manis putih isi cokelat keju yang klasik, namun tetap enak.

Roti Gempol
Jalan Gempol Wetan No. 14, Bandung
Jam buka: 07.00-21.00 WIB

2. Madtari

Foto: Ayo Bandung

Roti bakar enak di Bandung ini berlokasi di Jalan Ranggagading. Namanya Madtari atau dikenal juga Cafe Madtari. Buka sejak pukul 9 pagi, banyak orang menjagokan roti bakar di sini.

Madtari terkenal dengan roti bakar berselimut parutan keju. Jumlah parutan kejunya sangat banyak sampai-sampai permukaan roti tak terlihat. Untuk rasa, kafe yang sudah ada sejak tahun 2000 ini menawarkan 43 pilihan.

Beberapa yang terkenal adalah cokelat, blueberry dan strawberry. Untuk roti bakar gurih tersedia isian kornet dan telur. Harganya mulai dari Rp 9.500 sampai Rp 27.000. Kalau tak mau roti bakar, Madtari punya pisang bakar dan menu warkop seperti mi instan serta bandrek yang banyak jadi favorit.

Madtari
Jl. Ranggagading No.10, Tamansari, Kec. Bandung Wetan

3. Warung Kopi Purnama

Foto: Instagram warungkopipurnama

Lekat dengan sejarah, tempat makan roti bakar enak di Bandung ini sudah ada sejak 1930. Namanya Warung Kopi Purnama yang sebelum tahun 1966 memiliki nama Chang Shong Se. Hingga sekarang warung kopi di kawasan Braga ini masih mempertahankan suasana tempo dulunya.

Menu andalan di sini adalah minuman kopi, susu fresh, dan roti bakar srikaya. Tampilannya memang sederhana, tapi urusan rasa roti bakar boleh diadu. Konon selai srikaya masih dibuat dengan resep turun temurun. Produksinya juga terbatas karena tidak memakai bahan pengawet. WINSAHABAT

Selain roti bakar srikaya, ada juga roti bakar telur sosis yang jadi andalan. Harga roti bakar berkisar Rp 15.000 sampai Rp 37.000 per porsi. Warung Kopi Purnama mulai beroperasi pukul 06.30 pagi. Kalau ke sini, jangan lupa cicipi susu murni panas atau mocha susu panas untuk hangatkan tubuh.

Warung Kopi Purnama
Jl. Alkateri No.22, Braga
Telepon: 022 4201841

4. Roti Bumbu Bakar Cari Rasa

Foto: Instagram eat.inc

Buku mulai pukul 7 pagi, tempat makan roti bakar enak di Bandung ini juga bisa jadi tujuan sarapan. Namanya Roti Bumbu Bakar Cari Rasa yang legendaris karena sudah ada sejak 1960. Menunya terbagi dalam 4 pilihan.

Ada roti bumbu biasa, roti campur keju, dan roti kornet. Untuk jenis rotinya bisa pilih mau roti kadet, roti kecil, atau roti besar. Harganya mulai dari Rp 6.000 sampai Rp 48.000. Oh ya, semua bahan baku roti di sini diproduksi sendiri.

Untuk varian rasa, yang terfavorit adalah roti bakar cokelat campur keju. Paduan manisnya cokelat dan gurihnya keju dianggap pas. Hanya saja siap-siap mengantre kalau mau sarapan di Roti Bumbu Bakar Cari Rasa.

Roti Bumbu Bakar Cari Rasa
Pasar Kosambi, Jl. Jendral Ahmad Yani No.149

5. Roti Kuro-kuro

Foto: dok. detikFood

Kalau mau coba roti bakar beda dan kekinian, mampirlah ke Roti Kuro-kuro. Roti bakar di sini favorit mahasiswa dengan harga terjangkau. Buka mulai pukul 06.30 pagi, roti bakar kaki lima di sini kerap dipadati pembeli.

Ciri khas Roti Kuro-kuro adalah pemakaian roti kadet. Sejenis roti sobek warna hijau dengan aroma pandan. Roti bisa dikukus sehingga teksturnya empuk dan lembut atau dibakar agar lebih garing. Pilihan isiannya sangat banyak dan bisa bikin bingung.

Untuk rasa manis ada selai cokelat, vanilla, karamel, pisang, Nutella, sampai Ovomaltine. Sementara yang gurih dipadukan telur, sosis, dan mayonnaise. Karena buka sampai tengah malam, Roti Kuro-kuro juga sering jadi 'teman begadang' para mahasiswa.

Roti Kuro-kuro
Jl. Tubagus Ismail Raya No.32, Sekeloa, Kecamatan Coblong

KULINER YUKK .Designed by SahabatQQ | WINSAHABAT