Rabu, 29 Januari 2020

Kuliner Yukk - Gangguan insomnia memang membuat tak nyaman. Banyak alternatif obat alami yang bisa menjadi pengantar tidur nyenyak, salah satunya minum teh.

Dilansir dari Boldsky (29/1) ada sekitar 30 persen orang di dunia yang mengalami gangguan tidur atau insomnia. Meskipun terkesan sepele, masalah ini tak bisa didiamkan berlarut-larut. Jika insomnia berlangsung dalam jangka panjang, maka akan berpengaruh pada masalah kesehatan lainnya.

Banyak orang mengandalkan cara instan dengan mengonsumsi obat tidur, padahal efeknya sangat berbahaya. Alih-alih menelan obat tidur, lebih baik memilih cara yang enak dan murah. Cobalah dengan minum teh hangat sebelum tidur.

Secara alami, teh mengandung 'obat penenang' yang bisa membantu tubuh rileks sehingga bisa tidur dengan cepat dan berkualitas. Di pagi harinya, tubuh juga akan terasa lebih segar dan nyaman.

Mengonsumsi teh dalam jangka panjang juga tak akan bermasalah. Namun tetap ada aturan porsi harian yang harus dibatasi. Mau tidur berkualitas dan bebas dari insomnia? Minum salah satu dari 5 teh ini sebelum tidur.

1. Teh lavender

Gambar terkait

Teh lavender ini sejatinya adalah tisane karena terbuat dari kelopak bunga lavender yang dikeringkan. Bukan dari tanaman teh, camelia sinensis. Secara alami, bunga lavender memiliki sifat menenangkan sehingga orang yang mengonsumsinya seolah merasa terhipnotis.

Aroma dan rasa bunga lavender ini membantu menstabilkan suasana hati dan meningkatkan pikiran positif. Teh ini memiliki efek neurologis yang sangat kuat sehingga membantu membuat tidur lebih nyenyak.

Untuk membuat teh lavender ini, Anda bisa mengandalkan bunga kering ataupun bunga yang masih segar. Siapkan dua tangkai bunga lavender segar atau 1 sendok teh bunga lavender kering lalu tuangi air panas secukupnya. Diamkan selama 10 menit lalu saring dan minum dalam keadaan hangat.

2. Teh pisang

Foto: iStock

Teh yang satu ini memang terdengar unik. Teh pisang sebenarnya adalah pisang segar yang direndam dalam air panas kemudian diminum airnya. Meskipun sederhana, teh pisang ini dianggap bisa menenangkan pikiran dan membuat tidur jadi nyenyak.

Pisang mengandung magnesium dan kalium yang membantu mengendurkan pembuluh darah, menenangkan sistem saraf dan juga otot. Minum air rendaman pisang dipercaya bisa membuat tidur jadi lebih cepat. Pisang juga membuat perasaan jadi tenang dan merasa bahagia.

Untuk menyiapkan air rendaman pisang ini dibutuhkan satu buah pisang organik yang ditambahkan air panas kemudian direndam selama 10 menit. Minum air pisang ini satu jam sebelum waktu tidur.

3. Teh hijau

Foto: iStock

Segudang manfaat bisa didapatkan dari seduhan teh hijau. Mulai dari menurunkan berat badan, membuat semangat di pagi hari hingga menjadi minuman detoks yang membersihkan racun. Di samping itu teh hijau juga membantu proses tidur lebih cepat.

Kandungan dalam teh hijau membantu membuat tubuh dan pikiran tenang serta menurunkan efek khawatir berlebih. Sebuah penelitian bahkan juga mengungkapkan kalau teh hijau membantu mencegah pikun pada orang tua.

Untuk membuat teh hijau cukup siapkan 1 sdt daun teh hijau yang ditambahkan air panas. Diamkan selama 3-5 menit. Saring dan konsumsi saat masih hangat. Sebaiknya konsumsi teh hijau maksimal 5 cangkir dalam sehari.

4. Teh serai

Hasil gambar untuk Teh serai

Serai sudah lama digunakan sebagai obat penenang dan obat hipnotis alami. Orang-orang sudah biasa menggunakan serai sebagai ramuan herbal pengantar tidur.

Serai memberi efek neurobehavioral yang menenangkan pikiran dan menangkal hormon stres. Dengan ini, kualitas tidur akan jauh lebih baik. Apalagi teh serai juga memiliki aroma yang menenangkan.

Racikan teh serai bisa dibuat dengan menggunakan batang serai segar yang dicincang kasar kemudian direbus selama 5 menit dengan api sedang. Angkat dan beri tambahan sedikit gula atau madu. Aroma dan rasa teh yang segar membuat pikiran menjadi rileks dan mata pun bisa terpejam dengan lebih cepat.

5. Teh chamomile

Foto: iStock

Teh chamomile sudah banyak dijual di pasaran. Tisane dari bunga aster dan chamomile ini bahkan cukup populer di kalangan pencinta teh. Aromanya yang lembut serta rasanya yang agak asam membuat bunga ini sering dinikmati dalam berbagai momen. WINSAHABAT

Teh chamomile bahkan dikenal salah satu herbal kuno yang memiliki sifat terapeutik. Bunga chamomile memiliki kandungan obat penenang yang bekerja langsung pada sistem saraf, mengurangi kecemasan, mimpi buruk, insomnia dan masalah tidur lainnya.

Untuk membuat secangkir teh chamomile, dibutuhkan 1 sendok makan bunga chamomile kering lalu tuangi air panas dan diamkan selama 3 menit. Teh bisa langsung dinikmati ataupun ditambahkan sedikit perasan air jeruk nipis dan madu. Disarankan untuk mengonsumsi teh ini tak lebih dari 5 cangkir dalam sehari.

KULINER YUKK .Designed by SahabatQQ | WINSAHABAT